Sunday, April 5, 2020

SINGKONG DAN IKAN ASIN



 
Singkong merupakan makanan yang kaya akan karbohidrat. Ikan asin kaya akan protein. Kedua makanan itu dapat ditemukan dengan mudah di daerah Gunungkidul. Daerah yang banyak pantainya, sehingga ikan asin sangat mudah diperoleh. Di setiap sudut daerah Gunungkidul pasti dengan mudah ditemui pohon singkong. Makanan khas dari Gunungkidul yaitu thiwul yang berbahan dasar singkong, karena hasil singkong dari Gunungkidul sangat melimpah.Banyak olahan dari singkong yang unik-unik dan tentu lezat.

Makanan singkong juga dapat dipadukan dengan bahan lainnya, mulai dari yang rasa manis hingga guri maupun pedas. Semua rasa itu terasa cocok dilidah. Singkong yang hanya direbus dengan taburan sedikit garam pun terasa nikmat tiada tara. Bagi para wanita yang lagi program diet, cocok lho singkong untuk diet. Misalnya thiwul atau olahan singkong yang lainnya.
Singkong rebus yang disandingkan dengan ikan asin. Uwuwww.. perpaduan yang nikmat di pagi hari dengan secangkir teh. Bahan makanan yang alami, menyehatkan dan tanpa bahan kimia. Maknanya sederhana tapi dalem banget. Ketika kamu di luar daerah, bakalan kangen banget sama singkong Gunungkidul. Bagi kalian yang di luar daerah Gunungkidul silahkan mencoba berbagai olahan singkong khas Gunungkidul.


Oleh: Riani Astuti, S.Pd.
Guru SDN Slametan, Gunungkidul, DIY.   

3 comments:

  1. Di saat bekerja dari rumah, terkadang mulut ini tidak bisa dikunci.

    Singkong dan ikan asin menjadi menu yang sangat berkesan hari ini.

    Singkong direbus dan ikan asin digoreng sudah cukup membuat perut endut ini terisi.

    ReplyDelete
  2. Ide sederhana bisa menjadi tulisan yang menghibur, menambah pengetahuan dan mengingatkan kenangan jaman cilik. Ternyata apapun bisa jadi tulisan, yang penting NIAT dan ACTION..Sip.

    ReplyDelete