Monday, April 20, 2020

PEYEK KACANG TANAH




Peyek atau rempeyek merupakan makanan favorit yang renyah-renyah gurih. Makanan ini bisa menjadi teman minum teh atau teman makan pengganti kerupuk. Di daerahku, peyek sering digunakan dalam acara-acara tertentu, misalnya kenduri. Ketika lebaran, peyek juga menjadi makanan wajib ada. Gurih dan renyahnya peyek sangat mudah dibuat dengan bahan-bahan yang banyak tersedia di pasar. Apa saja sih bahan-bahan untuk membuat peyek? Tepung beras, minyak, kacang tanah, bawang putih, garam, daun jeruk, santan, dan kencur.  Begitu simpel kan. 
Peyek kacang tanah menjadi peyek terfavorit di keluarga kami. Namun tak jarang inovasi peyek yang lain juga seperti peyek kacang hijau, peyek kacang kedelai kuning, peyek udang, dan lain-lain. Di daerah penghasil kedelai pasti banyak peyek kedelai, di daerah penghasil kacang tanah pasti banyak peyek kacang tanah, di daerah pantai pasti banyak penjual peyek udang. Semua memiliki ciri khas sendiri-sendiri.
Asal peyek ini dari Jawa Tengah, namun sekarang sudah dikenal oleh banyak daerah. Kebiasaan yang masih sering dilakukan yaitu makan peyek sampai habis baru bisa berhenti. Kerenyahan peyek dapat menjadi teman ngobrol santai, teman menikmati pecel, soto, atau makanan lain. Peyek menjadi makanan pelengkap sehingga menambah sedapnya makanan yang disantap.


Oleh: Riani Astuti, S.Pd.
Guru SDN Slametan, Gunungkidul, DIY.  

No comments:

Post a Comment