Sunday, April 12, 2020

SI SEMUR JENGKOL




Semur jengkol, sebagian orang sangat berbinar-binar mendengar sambil membayangkan empuk dan nikmatnya jengkol. Tapi ada sebagian orang yang mengernyitkan dahi terbayang bau jengkol. Kalau aku masuk golongan pusing bau jengkol. Haduh bukannya kemayu atau sok-sok an gitu ya. Tapi ya begitulah, pernah mencoba tapi malah kliyengan pusing. Suatu ketika saya punya teman dari Ambon saat kita seasrama di Kalimantan Barat. Dia seneng banget sama si semur jengkol, setiap makan siang selalu berburu semur jengkol di rumah makan Padang. Anehnya semur jengkol yang ia beli bener-bener tidak berbau dan tidak meninggalkan bau di kamar mandi.
Teman-teman se asrama yang doyan jengkol jadi sering nitip semur jengkol. Ku tanyalah padanya, kira-kira kenapa kok bisa ajaib gitu nggak bau jengkol. Dia pun menjelaskan, sebelum dimasak jengkol itu direndam lama dan direbus lama juga sampai baunya bener-bener hilang. Jadi aku mangguk-mangguk aja dan tidak bernegatif thinking lagi sama si semur jengkol. Tadinya tidak doyan dan tetep tidak doyan juga sih. Tetapi bisa menerima kehadiran si jengkol di menu sekitar kita saat makan bersama.
Terkadang dalam kehidupan juga seperti itu. Kita melihat orang dari luarnya saja, tanpa melihat prosesnya. Setiap makhluk, benda, atau makanan diciptakan oleh Allah mempunyai manfaat dan kita tidak boleh menjelek-jelekkan ciptaan Allah. Meskipun kita tidak menyukainya, tetapi kita dilarang untuk mencela. Selalu berfikir positif dan banyak bersyukur.


Oleh: Riani Astuti, S.Pd.
Guru SDN Slametan, Gunungkidul, DIY.   


No comments:

Post a Comment