Friday, April 3, 2020

SERATUS RIBU, BANYAK ATAU SEDIKIT?




Apabila kamu kehilangan uang seratus ribu rupiah. Kebanyakan orang pasti menganggap sejumlah uang itu banyak dan sangat berarti. Akan tetapi bagi kaum elit, mungkin tidak begitu berarti. Akan terlihat kecil untuk disumbangkan. Akan terlihat kurang jika dibelanjakan. Lain halnya dengan tukang becak, tukang sayur, penjual cilok, uang seratus ribu akan nampak besar dan sangat berarti untuk kebutuhan hidupnya. 
Bagaimana uang seratus ribu di kotak infak? Kadang hanya sendiri, kadang tidak ada. Teman-teman lain di kotak itu sebagian besar dua ribu rupiah atau lima ribu rupiah. Uang seratus ribu banyak berkeliaran di mall, tempat makan, tempat wisata, dll. Wahai manusia, jika uang seratus ribu dapat berbicara, dia ingin sekali banyak berada di kotak amal atau kotak infak masjid.
Sungguh menyedihkan jika kita membawa uang seratus ribu untuk belanja ke mall akan tampak sedikit, dan membawa uang seratus ribu untuk infak saat sholat Jumat akan tampak banyak.  Bisakah kita mengubah itu? Sesekali apabila kita mendapatkan rejeki yang berlebih, anggap uang seratus ribu itu seperti uang sepuluh ribu jika dimasukkan ke kotak infak sambil membayangkan orang-orang yang membutuhkan ukuran tangan kita. Semoga bisa menggugah hati kita.


Oleh: Riani Astuti, S.Pd.
Guru SD Slametan, Gunungkidul, DIY.   


No comments:

Post a Comment