Saturday, April 4, 2020

MENULIS MOMEN SPESIAL KALA MENGAJAR (RESUME #6)




Hari, tanggal : Sabtu, 4 April 2020
Narasumber  : Munif Chatib

Pertemuan secara online kali ini dengan narasumber Bapak Munif Chatib, seorang penulis buku best seller Gurunya Manusia dan juga pembicara nasional yang sangat berpengalaman. Beliau menyampaikan materi tentang “menulis momen spesial” dan mengirimkan artikel yang berjudul “80 menit di kelas neraka”.  Tulisan beliau sesuai bidang kami yaitu pendidikan. Jadi sangat sejalan, dan kami pun sangat antusias untuk mengikutinya.
Momen spesial menurut Bapak Munif Chatib yaitu kejadian khusus yang terjadi antara guru dan siswa baik di dalam maupun di luar kelas. Momen spesial ini dapat masuk dalam memori jangka Panjang. Memori jangka Panjang ini tidak akan terlupakan seumur hidup. Selanjutnya beliau membuka sesi tanya jawab. Secara garis besar dapat diambil beberapa pokok penting sebagai berikut:
1.    Trik menulis momen spesial yaitu dengan bentul kalimat-kalimat pendek tentang banyak kejadian.
2.    Cara sederhana menjadi guru tegas antara lain: kita menjadi gurunya, orang yang memberikan ilmu, kita menjadi orang tuanya, kita memberikan nasihhat-nasihat, dan kita menjadi sahabat siswa, dengan membuka diri untuk menerima curhat dari siswanya. Hanya yang diperlukan adalah waktu. Kapan kita harus menjadi guru, orang tua dan sahabat siswa-siswa kita.
3.    Refleksi diakhir pertemuan, misalnya bertanya kepada orang tuanya ketika pulang sekolah atau tantangan membuat proyek-proyek belajar berkaitan dengan materi.
4.    Emosional adalah perasaan yang bermacam-macam dalam suka maupun duka. Rahasianya pada saat kita mulai dari apersepsi dan penutup, metode apapun akan menjadi hidup dan emosional, ketika awal dan akhir keren.
5.    Menyusun kata-kata yang indah dan dituntut enak serta mudah dipahami oleh pembaca
6.    Cara menulis momen spesial mengajar: catat/rekam kejadian momen spesial pada saat terjadi, elaborasi mencari data-data pendukung terhadap momen spesial, dapat berupa fakta saat bertanya atau kita menambahkan imajinasi, serta menulis setelah data terkumpul lalu menuliskannya dalam bentuk artikel.

Terima kasih atas ilmunya Bapak Munif Chatib dan Om Jay.. semoga sehat selalu dan dalam lindungan-Nya. Aamiin.  



Oleh: Riani Astuti, S.Pd.
Guru SD Slametan, Gunungkidul, DIY.   

1 comment: