Monday, April 27, 2020

PEMBELAJARAN DARING YANG IDEAL (RESUME #18)




Hari, tanggal              : Selasa, 21 April 2020
Narasumber              : Wijaya Kusumah, M.Pd.
Peresume                  : Riani Astuti, S.Pd.

Materi ke-18 ini Om Jay menyampaikan melalui aplikasi video conference zoom. Om Jay menyampaikan bahwa aplikasi zoom ini aman, tidak seperti yang diberitakan. Karena aplikasi ini sudah diupgrade ke versi yang lebih terjamin keamanannya. Aplikasi ini dapat membantu pembelajaran daring. Beliau berpendapat bahwa guru pada masa pandemic seperti ini bisa memakai aplikasi yang tersedia untuk melaksanakan pembelajaran dari rumah.
Om Jay mengingatkan kembali tentang menulis buku dan meluruskan niat dalam mengikuti diklat penulisan ini tidak hanya untuk mendapatkan sertifikat, tetapi dapat menerbitkan buku sendiri. Apabila hasil tulisan bagus, maka dapat diterima oleh penerbit mayor, sehingga peserta tidak kehilangan biaya penerbitan. Tetapi malah mendapatkan royalty dari hasil penjualan buku. Bagi bapak/ibu guru yang akan membuat buku nonfiksi minimal harus 30 judul agar menjadi seratus halaman lebih. Naskah diprint dengan ukuran A4 dan menggunaka font jenis Times New Roman ukuran 12.
Pada akhir pembelajaran, peserta diklat menulis ini ditargetkan menulis dua buah karya. Karya pertama yaitu hasil resume selama dua puluh pertemuan dan karya kedua yaitu buku bebas sesuai yang dikuasai oleh peserta. Pesan beliau agar diterima oleh penerbit, maka harus disusun dengan baik dan tidak plagiat atau meniru karya orang lain. “Menulislah setiap hari, lalu buktikan apa yang terjadi.”—Wijaya Kusumah. 
Terima kasih Om Jay, selalu memotivasi dan mendorong semangat kami untuk bisa menerbitkan buku sendiri.

Oleh: Riani Astuti, S.Pd.
Guru SDN Slametan, Gunungkidul, DIY.  

No comments:

Post a Comment