Wednesday, April 15, 2020

MENULIS ARTIKEL DI MAJALAH PGRI (RESUME #13)





Hari, tanggal       : Selasa, 14 April 2020
Narasumber       : Dr. Jejen Musfah

Tema pertemuan WAG kali ini adalah menulis artikel di majalah PGRI dengan narasumber Dr. Jejen Musfah, M.A. pimpinan redaksi majalah suara guru PB PGRI. Majalah suara guru PB PGRI email : majalah.suaraguru@gmail.com. Beliau adalah seorang dosen dan ketua program magister manajemen pendidikan FITK UIN Jakarta, seorang penulis buku, penulis opini pendidikan, pemimpin redaksi majalah suara guru PB PGRI, sekretaris Departemen Pembinaan Mental dan Spiritual pengurus besar PGRI, dan tim ahli perubahan RUU Guru dan Dosen DPD RI 2018.
Beliau menjelaskan tentang muatan-muatan yang ada dalam majalah suara guru PGRI, antara lain: Opini intinya gagasan penulis atas kebijakan atau fakta pendidikan yang terjadi. Artinya opini tidak akan kehilangan topik. Kebijakan dan fakta pendidikan selalu hadir. Tetapi tidak semua berhasil menangkap momentum untuk menanggapi.
Guru adalah praktisi Majalah Suara Guru. Ketua PGRI sendiri sudah puluhan tahun. Tulisan bisa dimuat di online dan offline. Majalah dicetak sebanyak 5000 eksemplar yang dibagikan ke hampir 34 provinsi. Rubriknya beragam:
1.    Opini
2.    Resensi
3.    Sastra
4.    Destinasi, dll.
Syarat mengirimkan artikel ke redaksi majalah guru yaitu menyebutkan status dan foto, serta tulisannya sesuai rubrik di atas. Menulis dan mengirimkan tulisan di majalah suara guru PGRI tidak ada honornya. Jika keuangan memadai, ke depan akan dibayar. Beliau juga menjawab kiat agar mau dan mampu membuat artikel yaitu dengan cara menuliskan saja, jangan takut buruk. Selain itu juga banyak membaca opini di koran nasional atau detik.com. Karena penulis yang baik adalah pembaca yang baik. Hasil penelitian juga dapat masuk ke jurnal PGRI. Dan masih banyak tanya jawab yang lainnya. Terima kasih Pak Jejen semoga nanti kami bisa berperan mengirimkan artikel ke majalah suara guru PGRI.

Oleh: Riani Astuti, S.Pd.
Guru SDN Slametan, Gunungkidul, DIY.  

No comments:

Post a Comment