Wednesday, April 1, 2020

PROSES MENERBITKAN BUKU SECARA INDIE (RESUME #4)


Hari, tanggal   : Selasa, 31 Maret 2020
Narasumber   : Ibu Sri Sugiastuti

Pertemuan ke empat secara online melalui wa grup ini diawali dengan perkenalan dari narasumber. Ibu Sri Sugiastuti mengulas ulang tentang pentigraf. Lalu beliau menyakan kepada para peserta workshop apakah menginginkan buku yang ditulis sendiri atau antologi. Materi pertemuan keempat ini yaitu proses pembuatan atau menerbitkan buku secara indi.
Beliau mengarahkan untuk membaca dan mempelajari materi yang ada di blog beliau yaitu www.astutianamudjono.com. Para peserta langsung mengunjungk blog beliau. Dalam blog tersebut dipaparkan bagaiman cara praktis menulis buku. Beliau menuliskan bahwa menulis merupakan kecerdasan intelektualitas dan kematangan berpikir. Ada beberapa hambatan menulis: tidak ada ide, tidak suka menulis, kurangnya motivasi, dll.  
Beberapa kegiatan yang perlu dilakukan untuk menjadi seorang penulis: membaca, diskusi, mengamati, merasakan, sosialisasi.  Hal awal yang perlu dilakukan adalah persiapan menulis dengan cara menggali dan menemukan ide/gagasan, menentukan tujuan, genre, atau segmen pembaca, menentukan topik, membuat outline, mengumpulkan bahan materi/buku. Langkah selanjutnya adalah menulis dengan sabar, semampu kita, jangan terlalu idealis/harus sempurna. Lalu dilanjutkan editing, revising dan publishing. Kesimpulannya, menulis itu mudah, ubahlah mindset agar mamou untuk menulis, jadilah diri sendiri, dan apa yang kita sukai serta kuasai.


Oleh: Riani Astuti, S.Pd.
Guru SD Slametan, Gunungkidul, DIY.   

No comments:

Post a Comment