Tuesday, April 14, 2020

CARA MUDAH MENULIS BUKU DALAM SEMINGGU (RESUME #12)





Hari, tanggal       : Senin, 13 April 2020
Narasumber       : Prof. Eko Indrajit

Tema materi kali ini yaitu menulis buku dalam seminggu dari seminar virtual di youtube oleh Prof. Eko Indrajit, Kepala SLCC Pengurus Besar PGRI. Beliau memulai dengan menjawab pertanyaan, apa sih sebetulnya yang ingin dibagikan kepada peserta workshop? Ketika pandemi semua harus berkarya dan bekerja dari rumah. Paling penting adalah harus menjaga stamina tubuh agar tidak turun, sehingga tidak mudah terserang oleh virus ini. Beliau sudah mengajar sejak di SD, beliau besar di Kota Dumai, Riau. Mengajar merupakan hoby beliau dari kecil sehingga tidak ada hari tanpa mengajar. Beliau mengajar sandi-sandi pramuka, cara main sulap kartu, membuat perangkat elektronik, dan sebagainya. Akhirnya beliau menjadi dosen sekaligus menjadi konsultan. Saat kondisi seperti ini, beliau mengajar lewat media youtube melalui akun channelnya yaitu EKOJI CHANNEL.
Semuanya dimulai pada tanggal 20 Maret 2020, beliau mengikuti seminar virtual beliau secara gratis. Seminar pertama ada 600 peserta dan 6000 penonton pada tema pertama yaitu DIGITAL MINDSET. Dari seminar itu ada 1.116 orang yang memesan sertifikat. Beliau sangat terkejut ternyata banyak sekali peminatnya. Sehingga mulai tanggal 24 Maret 2020 setiap jam 8 pagi beliau melakukan seminar 1-2 jam di Youtube Streaming untuk siapa saja yang tertarik. Ide seminar di youtube dengan mengeluarkan sertifikat yaitu sederhana. Setiap dosen harus membuat laporan kum untuk kenaikan jabatan akademik. Biasanya mereka harus mengikuti seminar dengan bukti sertifikat. Karena ada pandemi ini maka seminar banyak yang dibatalkan. Artinya ada dua, yaitu mereka tidak bisa mendapatkan sertifikat (yang artinya akan kesulitan naik jabatan akademik) dan beliau kehilangan pemasukan. Karena pemasukan beliau 70% dari seminar, workshop, lokakarya dan konsultasi, dsb.
            Ternyata 80% peserta seminar beliau merupakan orang-orang yang pernah membeli buku-buku yang pernah ditulis beliau sejak 1998. Buku yang ditulis beliau merupakan buku ringkasan dari 50 buku bahasa inggris yang beliau pinjam dari perpustakaan. Buku itu bertujuan untuk meringankan beban mahasiswa beliau yang pada masa itu sedang krisis ekonomi. Judul buku yang beliau tulis yaitu Sistem dan Teknologi Informasi. Sehingga akhirnya buku itu bes seller dan beliau menjadi ketagihan menulis. Beliau dulu spesialis menulis bunga rampai. Setiap ada satu diagram yang menarik perhatian, beliau jelaskan dalam satu halaman secara ringkas. Sebelum tidur menulis satu halaman seperti Om Jay sekarang menulis blog. Dalam tiga bulan ada sekitar 100 halaman, sehingga buku bisa diterbitkan. Sekarang beliau sudah menulis lebih dari 75 buku yang diterbitkan dan ratusan artikel. Di era millenium kebanyakan buku dan tulisan beliau bagikan secara gratis di situs academia eko.id dan lain-lain.
            Beliau berpendapat bahwa aka nada perubahan besar-besaran dalam sistem pendidikan setelah pandemi ini. Teknologi akan banyak digunakan untuk kegiatan belajar mengajar. Beliau sudah memprediksi 15 tahun yang lalu. Tetapi tidak menyangka kita belajar e-learning bukan karena memanfaatkan peluang, tetapi karena mendapatkan masalah pandemi. Beliau menjawab pertanyaan-pertanyaan dari peserta dengan sangat jelas dan detail. Selain itu, beliau juga membagikan e book di grup.
            Menulis adalah cara kita menyampaikan buah pikiran lewat tulisan. Jadi bagi beliau semua tulisan adalah baik, karena dilakukan dari hati. Tuliskan saja apa yang ada di kepala kita.  Tidak perlu takut. Kualitas menulis ditentukan oleh pembacanya dan pembaca itu macam-macam. Kalau beliau menulis untuk kakeknya akan berbeda bahasanya dengan menulis untuk generasi anak-anak beliau. Kualitas menulis adalah masalah jam terbang, lama-lama bagus sendiri. Jaman sekarang tulisan tidak perlu terkoordinir, masukin saja ke internet nanti akan terkoordinir sendiri. Karena dalam dunia maya, berlaku data yang unstructured dibandingkan dengan structured.
            Menulis blog seperti yang disampaikan Om Jay adalah sangat baik. Apapun yang akan beliau sharing, maka beliau tulis, seperti puisi atau lagu. Satu-satunya yang perlu diperhatikan adalah buat tulisan yang tidak membuat orang lain sedih karena kita menyampaikan hal-hal yang buruk atau jelek. Menulis hal-hal buruk akan mendatangkan energi negatif. Malah akan mengganggu kehidupan masa kini dan mendatang.
Terima kasih Prof. Eko Indrajit, sangat memotivasi.


Oleh: Riani Astuti, S.Pd.
Guru SDN Slametan, Gunungkidul, DIY.  

No comments:

Post a Comment