Friday, April 3, 2020

MENDESAIN PEMBELAJARAN JARAK JAUH (RESUME #5)




Hari, tanggal : Kamis, 1 April 2020
Narasumber  : Indra Charismiadji

Pembelajaran pertemuan ke lima ini berbeda dengan pertemuan sebelumnya yang melalui pesan WA grup. Pertemuan ini melalui video conference dengan aplikasi webex. Saya tidak bisa mengikuti video conference ini karena kendala tugas lain, yaitu kewajiban menyusun dupak yang harus segera dikumpulkan ke Dinas Pendidikan. Sehingga saya hanya membaca materi dari slide yang dikirimkan teman-teman ke WA grup menulis gelombang 7.
Kesimpulan yang dapat saya ambil dari pertemuan ke lima ini yaitu konsep 3I (Infrastruktur, Infostruktur, dan Infokultur).  Penjelasan singkat dari konsep 3I yaitu sebagai berikut:
1.    Infrastruktur : pembelajaran jarak jauh butuh infrastruktur yang mendukung seperti alat-alat dan jaringan yang baik. Teknologi sangat dibutuhkan dalam kondisi seperti ini, apalagi adanya pandemi yang melanda dunia ini. Pembelajaran dan pekerjaan dilakukan di rumah melalui daring (dalam jaringan). Tanpa adanya infrastruktur yang baik, maka tidak akan terlaksana dengan baik pula.
2.    Infostruktur
Google menggaet Kabupaten Gunungkidul dan mempercayai untuk bekerja sama dalam bidang pendidikan khususnya. Pembelajaran menggunakan Google Suits, seperti Google Classroom, Google Form, Google Meet, dll. Semua itu sangat bermanfaat dan membantu proses pembelajaran di kala seperti ini. Di mana siswa dan guru tidak dapat bertemu langsung di sekolah, tetapi tetap bisa melaksanakan pembelajaran, ulangan atau ujian secara online.
3.    Infokultur
Harapan dengan adanya infrastruktur dan infostruktur yang baik akan membentuk infokultur yang baik juga. Sehingga dapat mewujudkan pembelajaran yang menyenangkan dan edukatif. Hal tersebut juga mendukung era industry 4.0 dan mewujudkan empat pilar pendidikan, yaitu Learning to know (belajar untuk tahu), learning to do (belajar untuk melakukan), dan learning to be (belajar untuk menjadi) dan learning to live together (belajar untuk hidup bersama).

Materi yang sangat luar biasa, terima kasih Pak Indra dan Pak Wijaya. Semoga selalu dalam lindungan-Nya. Aamiin.


Oleh: Riani Astuti, S.Pd.
Guru SD Slametan, Gunungkidul, DIY.   

No comments:

Post a Comment