Monday, April 20, 2020

BALADO BELUT




 Kecamatan Godean, Kabupaten Sleman, DIY identik dengan  hasil olahan belut. Warga daerah Godean banyak yang beternak belut. Makanan paling khas dari daerah ini yaitu kripik belut. Dalam bahasa Jawa  belut sering disebut welut. Welut goreng khas Godean sudah sangat terkenal.   Selain digoreng,  belut juga dapat diolah menjadi balado. Bagi penyuka pedas, wah langsung  ngiler deh.  Sensasi gurih   dan pedas membuat lidah bergoyang.
Menu belut balado ini  sangat cocok   untuk  teman sahur atau berbuka puasa.  Saya jamin pasti nambah makannya. Rasa gurih nan pedas nampol banget .  Mungkin belum begitu banyak  dipasarkan menu balado belut ini. Sekali mencoba pasti langsung ketagihan. Para ibu bisa menjadikan salah satu menu alternatif ketika keluarga sudah bosan menu sehari-hari untuk buka dan sahur nanti.
                       WFH  seperti ini bisa  dimanfaaatkan untuk belajar memasak balado belut. Langsung  cari tutorial di youtube. Paginya beli bahan di pasar. Mulai deh eksekusi sesuaikan dengan selera keluarga ya.  Bagi keluarga yang penyuka pedas dapat dibuat dengan level pedas abis. Tetapi bagi keluarga yang kurang begitu suka pedas dapat dibuat dengan level  pedas yang rendah. Selamat mencoba berkreasi  memasak balado belut yang  super endezhhh.


Oleh: Riani Astuti, S.Pd.
Guru SDN Slametan, Gunungkidul, DIY.  

No comments:

Post a Comment