Friday, April 17, 2020

MELURUSKAN NIAT MENERBITKAN BUKU (RESUME #10)




Hari, tanggal    :  Sabtu, 11 April 2020
Narasumber     :  Wijaya Kusumah

Materi  ke sepuluh  kali ini  Om Jay   (Pak Wijaya Kusumah) mengingatkan kembali tentang niat mengikuti  diklat menulis secara online melalui WAG ini, yaitu bukan semata-mata  untuk mendapatkan sertifikat, tetapi mengasah skill menulis serta mampu menerbitkan buku sendiri.   Semangat Om Jay  dalam memotivasi para guru-guru di Indonesia   sungguh luar biasa. Sebagai founder grup Belajar Menulis ini Om Jay juga membangkitkan semangat para guru untuk nge-blog . Setiap  hari Om Jay selalu memberikan tantangan untuk menulis sebuah tulisan berdasarkan gambar yang Om Jay kirim di WAG.
Om Jay meminta para peserta untuk menyimak materi melalui youtube channelnya. Lalu Om Jay  menyampaikan bahwa para peserta harus bisa meluruskan niat dari sekarang untuk menulis dan menerbitkan buku . Beliau menghimbau agar para peserta menulis materi-materi dan tulisan pada blog masing-masing. Pada akhir pertemuan , peserta diwajibkan menyelesaikan bukunya.  Om Jay juga berpesan bahwa menulis juga harus mampu mengembangkan kreativitas dan imajinasi.  Usahakan jangan sampai copy paste milik orang lain.
Hasil akhir dari  diklat online ini yaitu mampu menerbitkan dua buah buku, yaitu hasil resume dan  buku bebas dari apa yang dikuasai. Om Jay selalu mengingatkan agar selalu berkunjung ke blog peserta lain, atau disebut blog walking. Fungsinya, agar kita menemukan gaya menulis diri sendiri. Sebab setiap orang itu memiliki ciri khas atau gaya menulis yang berbeda-beda.
Terima kasih motivasinya Om Jay, sehat selalu 😊


Oleh: Riani Astuti, S.Pd.
Guru SDN Slametan, Gunungkidul, DIY.   

1 comment: