Monday, April 20, 2020

COMRO!





Coro! Eh comro! Apa sih itu comro? Comro merupakan makanan khas Jawa Barat. Camilan yang terbuat dari bahan dasar singkong ini sudah cukup familiar di daerah Jawa. Comro berbentuk lonjong terbuat dari parutan singkong dan diisi dengan oncom, lalu digoreng. Comro sendiri merupakan singkatan dari oncom di jero (dalam). Makanan ini sangat nikmat jika dimakan dalam keadaan hangat. Apalagi saat suasana hujan atau dingin. Rasa gurih anget sambil dicocol saus dapat memanjakan perut dan lidah.
Makanan comro ini sangat cocok bagi kalangan anak-anak sampai dewasa. Cara membuatnya juga sangat mudah. Sehingga makanan ini banyak peminatnya. Khusus daerah Jawa Barat, comro menjadi makanan yang ngetrend. Tidak hanya di Jawa Barat saja, tetapi ternyata sudah menyebar ke daerah-daerah lain. Makanan teman ngopi, teman ngeteh, teman bersantai bersama keluarga. Yuk mumpung keluarga sedang kumpul di rumah, boleh praktik membuat comro. Bahan yang mudah dan murah sangat recomended.
Tidak hanya gurih dan lezat, ternyata comro juga bergizi lho. Banyak kandungan gizi yang ada pada makanan tersebut. Apalagi tidak ada bahan kimia atau zat pengawet. Comro juga bisa menjadi peluang usaha lho buibu. Makanan ini dapat dipasarkan di manapun. Peluang usaha berjualan comro merupakan salah satu usaha yang menggiurkan. Usaha dimulai dengan giat dan tekun. Pemasaran dilakukan dengan online maupun offline menggunakan strategi yang baik. Harga jual comro juga tidak terlalu mahal, sesuai kantong yaitu sekitar Rp 5000 per porsi. Untuk pembukaan bisa diberlakukan harga promo untuk menarik minat konsumen.


Oleh: Riani Astuti, S.Pd.
Guru SDN Slametan, Gunungkidul, DIY.  

No comments:

Post a Comment